Selasa, 20 Maret 2012

Deflasi,Devaluasi,Revaluasi,dan Depresiasi


1.Deflasi
Deflasi merupakan kecenderungan harga –harga barang dan jasa secara umum mengalami penurunan. Derlasi dapat dikatakan sebagai lawan dari inflasi. Keadaan deflasi ternyata membawa dampak buruk  sebagaimana inflasi ,yaitu antara lain:
a)     Permintaan masyarakat menjadi meningkat dan bahkan tidak terkendali karena barang dan jasa mengalami penurunan harga.Permintaan yang tak terkendali tersebut, bila sampai melebihi penawaran yang ada ,akan menyrbab kan kenaikan harga;
b)    Deflasi juga menyebabkan nilai inventaris menurun karena masyarakat lebih suka menggunakan uangnya untuk membeli barang dan jasa.Keadaan yang demikian tentunya menjadi hambatan bagi produsen untuk memperoleh modal dan usaha pun tidak dapat berkembang dengan cepat.
2.Devaluasi
        Devaluasi merupakan penurunan nilai uang karena kebijakan yang dilakukan pemerintah. Kebijakan penurunan nilai uang ini dilahkukan pemerintah dengan tujuan memperbaiki posisi neraca perdagangan.
          Tingginya nilai mata uang dalam negeri menyebabkan nerac pembayaran sisi debet yang merupakan  pembayaran ke luar negeri akan melebihi dari yang diterima.

Gambar ikhtisar neraca pembayaran
Kredit
Debet
1.Penjualan barang ke luar negeri.
2.Dividen yang diterima dari luar negeri
3. Pendapatan dari luar negeri (TKI)
4.Utang luar negeri
1.Impor barang
2.Bunga dan dividen yang dibayar ke luar negeri (investor asing)
3.Jasa yang dibayar ke luar negeri
4.piutang luar negeri dan cicilan utang luar negeri




3.Revaluasi
          Revaluasi merupakan kebijakan pemerintah untuk menaikan nilai mata uang dalam negeri. Revalluasi pernah dilahkukan indonesia pada awal kemerdekaan, semasa pemerinahan Perdana Menteri Syafrudin Pawira negarabdan dikenal dengan kebijakan “Gunting Syafrudin” karena pada saat itu nilai uang dipotong agar agar mengalami peningkatan dari rp 1000 menjadi rp 1.
4.Depresiasi
          Depresiasi adalah penurunan nilai mata uang akibat penurunan permintaan di pasar valuta asing . Perbedaan defresiasi dengan devaluasi yaitu pada penyebaranya.Lawan dari defrasiasi ialah apresiasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar