Selasa, 20 Maret 2012

PENGALAMAN YANG MEMBAHAS LINGKUNGAN


Pada liburan dua minggu yang lalu, hal yang menarik yang saya lakukan ialah, saya mengikuti kegiatan kemah pramuka di jaba pura alas angker, tepatnya di desa kerta, payangan, gianyar , Tempat ini sungguh menarik dan berkesan bagi saya,karena merupakan pengalaman persama saya melahkukan kegiatan perkemahan.Kemah ini berlangsung selama tiga hari dua malam dimulai pada tanggal 27desember sampai 29 desember .

          Di hari perkemahan pertama,saya dan teman – teman saya melahkukan kegiatan persiapan kemah ,seperti mencari tempat kemah dan mendirikan tenda,setelah itu saya dan  teman  -teman saya yang kelas  X melahkukan mengikuti kegiatan penggodoan untuk mencari tingkatan yang lebih tinggi yaitu Bantara.dalam kegiatan ini kami melahkukan kegiatan mencari jejak dan melahkukan hal – hal yang aneh demi mementapkan diri kami.Dalam pencarian jejak saya melihat lingkungan sekitar Kerta dan saya pun tahu dan mulai mengenal daerah di desa Kerta ini,Seperti mayoritas penduduknya adalah petani ,terlihat dari kegiatan pertanian dan lingkungan di desa ini.

          Di hari kedua,saya dan teman – teman saya mengunjungi Cagar Budaya Sekar Jagat,yang merupakan tempat penjual bunga terbanyak no 2 di asia tenggara,dalam perjalanan saya di sana saya melihat beragam bunga yang belum pernah saya lihat,seperti pisang-pisangan berwarna pink dan bunga-bunga yang lain nya,dengan adanya Cagar Budaya tersebut ,penduduk di sekitar daerah sana terbantu dengan adanya tempat untuk mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup warga di Cagar Budaya tersebut,Selain dapat membantu mensejahterakan masyarakat disana,Cagar Budaya tersebut juga ikut membantu menjaga Bumi kita ini.

Di hari ke tiga,kami mengunjungi tempat pemanfaatan kotoran hewan untuk digunakan sebagai penggantikan minyak tanah dan gas elpiji,disini saya melihat dan mulai tahu bahwa limbah seperti kotoran hewan pun juga dapat di manfaatkan menjadi hal yang berguna.Dengan adanya pemanfaatan limbah kotoran hewan ini,warga di saya,khususnya yang mempunyai biogas menjadi terbantu dalam menghemat biaya membeli gas elpiji.Selain manfaatnya sebagai penganti gas elpiji,biogas juga sangat berguna untuk menghemat bahan bakar minyak yang kemungkinan nanti bisa habis.Dan setelah kami selesai melihat pengelolaan biogas tersebut kami kembali ke perkemahan dan melanjutkan acara berikutnya,dan setelah semua acara selesai saya dan teman-teman saya kembali ke sekolah lalu kembali ke rumah masing-masing.

Itulah pengalaman saat liburan dua minggu yang sangat menarik bagi saya,dan pelajaran yang saya dapat dari pengalaman tersebut adalah belajar untuk mencintai alam dan berbagi meskipun dalam keadaan sulit sekalipun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar